Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2017

Guru Zaman Now

Menjadi guru zaman sekarang butuh kesiapan mental yang luar biasa, karena menghadapi generasi milenial. Dimana generasi saat ini sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang belum melek teknologi. Beberapa waktu yang lalu berita viral yang menceritakan kasus-kasus guru yang teraniaya. Dipukul, dipidanakan karena ulah sang guru yang menegur siswanya dalam rangka mendidik siswa tersebut di sekolah tetapi teguran tersebut tidak bisa diterima baik oleh siswa maupun ortunya.

Saya pikir kejadian tersebut hanya berada di daerah lain nun jauh di sebrang pulau sana, ternyata di sekitar saya pun banyak para guru yang mendapat perlakuan tidak sewajarnya dari para orangtua. Saya sendiri sebagai seorang guru bukan satu dua kali mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan dari ortu siswa. Ahh, tapi biarkan saja pada akhirnya si ortu itu malu sendiri setelah tahu bahwa anaknya justru yang bermasalah di sekolah tapi orangtua tidak memahami pangkal masalahnya.

Menghadapi para siswa yang aktif, k…

Gizidat Sahabat Anak dan Keluarga

Anak-anak sangat rentan terhadap berbagai penyakit, terutama saat balita. Mereka kerap kali terserang berbagai penyakit yang disebabkan berbagai faktor. Pada umumnya penyakit yang sering menyerang adalah: panas, batuk, pilek atau diare. Jika anak-anak sudah sakit seperti itu sedih ya Bun lihatnya, keceriaannya langsung hilang berganti lesu dan rewel. Itu sebabnya anak-anak membutuhkan suplemen atau vitamin untuk membantu menjaga tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit.



Ada banyak jenis multivitamin yang bisa Bunda berikan untuk si buah hati. Salah satunya adalah madu yang sudah kita kenal sebagai salah satu suplemen yang sangat baik untuk kesehatan. Kali ini saya akan mengenalkan sebuah suplemen kesehatan berupa madu yang sangat baik untuk anak-anak juga seluruh keluarga, namanya Gizidat. Madu ini berbeda dengan madu pada umumnya, karena terbuat dari gabungan ikan sidat dan madu hutan alami. Ikan sidat adalah sejenis ikan air tawar yang bentuknya seperti ular, masih satu keluarg…

Bulan Madu Pengantin Lama

Mak, pernikahan sudah memasuki usia berapa tahun? Lebih dari 10 tahun? Atau lebih dari 15 tahun? Masa-masa rentan pernikahan itu setelah memasuki usia pernikahan 10 tahun. Memang sih tidak semua orang mengalami masalah yang sulit dalam pernikahan, akan tetapi tidak mungkin rasanya jika sebuah rumah tangga tanpa masalah. Beruntunglah jika selama pernikahan tidak mengalami masalah yang berat, berarti hidup Anda datar-datar saja, hehe.
Ada banyak pernikahan yang baru seumur jagung pun sudah menghadapi masalah rumit dalam rumah tangganya. Hal tersebut tergantung pasangan tersebut menyikapinya. Rutinitas kehidupan rumah tangga yang sudah kita hapal dari melek hingga melek lagi, sering membuat jenuh. Apalagi jika tiba-tiba kita mendapat masalah berat bersama pasangan. Ujian kesetiaan terhadap pasangan dipertaruhkan saat itu. Api cinta yang mulai luntur, kejenuhan dengan pasangan, masalah dengan kelurga besar, urusan kantor yang memusingkan adalah bibit-bibit berbahaya yang bisa menyerang pas…

Buku Perdana, Akhirnya Pecah Telor

Alhamdulillah, akhirnya kerja keras selama ini mulai terlihat hasilnya. Buku solo saya yang pertama akhirnya terbit, dengan judul JANGAN JADI MUSLIMAH DEKIL menembus penerbit mayor. Mulai mejeng dengan indah di rak buku Gramedia tanggal 17 April 2017. Impian yang selama ini tersimpan tercapai sudah. Gimana rasanya? Wooww, seperti orang yang jatuh cinta. Berjuta rasanya, inginnya tersenyum terus, inginnya pengumuman ke mana-mana. Pokoknya, bahagiaaa deh. Sebetulnya tulisan ini sudah tersumpan di draft blog saya ini sejak beberapa bulan yang lalu, baru sempat saya publish hari ini...hihi, sok sibuk siiiih nih yang punya blog. 😄

Buku ini saya tulis mungkin lebih dari tiga bulan, tepatnya berapa bulan saya lupa. Kenapa saya menulis dengan tema tersebut? Karena saya gemas dengan para muslimah yang sering tidak sadar akan pentingnya perawatan tubuh. Terutama para muslimah yang sudah berumah tangga, hal ini acapkali diabakan. Terlalu kepedean bahwa suami tidak akan komplen apa-apa kalau ia…

Cara Asyik Minum Susu dengan Me Time

Perempuan seharusnya wajib minum susu, kenapa? Karena ia banyak membutuhkan kalsium dalam tubuhnya. Banyak yang tidak menyadari bahwa kalsium dalam tubuh perempuan akan berkurang drastis. Saat ia hamil, menyusui juga saat-saat haid yang rutin datang setiap bulan. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan pengeroposan tulang dengan cepat. Itu sebabnya perempuan wajib doyan minum susu. Aah, tapi saya gak suka minum susu, gak tahan dengan baunya, gimana dong?



Tenang sistah, zaman sekarang gak usah risau kalau gak doyan susu sapi, ada alternatif asyik minum susu supaya gizi kita tetap terpenuhi. Minum saja Me Time Almond Milk, susu yang terbuat dari kacang Almond dengan berbagai varian rasa. Jadi, yang gak doyan susu sapi gak ada alasan lagi enggak bisa minum susu, juga bagi yang alergi susu sapi, Me Time Almond Milk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tahu gak manfaat kacang Almond itu apa saja? Nih, saya kasih bocoran ya.

Almond merupakan sumber nutrisi penting, vitamin, mineral, asam lema…

Dari Peserta Training Naik Level Menjadi Mentor

Kira-kira awal tahun 2015 saya mengenal Juragan Artikel dari IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) yang menginformasikan ada training artikel dengan biaya sekian puluh ribu rupiah. Saya langsung daftar kelas menulis online tersebur, belajarnya di grup Facebook. Belajar menulis artikel memang sudah lama saya inginkan, karena saya pernah beberapa kali mengirim artikel ke beberapa media cetak tapi belum pernah jebol. Berharap setelah mengikuti kelas tersebut ada banyak ilmu baru yang saya dapatkan untuk menambah bekal menulis.

     Alhamdulillah, setelah lulus training tersebut saya dimasukkan ke grup Alumni Juragan Artikel oleh Ummi Aleeya sang mentor artikel yang super baik dan lemah lembut itu, di grup tersebut kami para alumni menjadi kontributor nulis di web emakpintar.asia. Seneng banget dong tentunya mendapat peluang emas untuk makin berkembang dalam dunia kepenulisan. Selain kami harus aktif menulis artikel, di grup itu juga banyak challenge menulis yang menggiurkan. Tujuan utamanya t…

Bolu Kukus Mawar

Sebagai ibu rumah tangga kita sering dibuat bingung tujuh keliling dalam membuat penganan yang disukai keluarga terutama anak-anak. Cemilan sehat tanpa pengawet dan pemanis buatan tentu yang kita utamakan demi menjaga kesehatan keluarga tercinta. Diluar sana banyak sekali jajanan yang menggiurkan untuk anak-anak kita tetapi kandungan bahan yang digunakan kita tidak tahu apakah layak dikonsumsi atau tidak. Yang sering banyak menjadi bahan perbincangan adalah jajanan anak-anak di sekolah. Bahkan berdasarkan informasi di berbagai media massa banyak jajanan anak-anak  terutama di sekolah-sekolah dasar mengandung zat berbahaya.             Mengantisipasi hal itu, kita sebagai ibu di jaman super modern ini haruslah kreatif dalam membuat penganan agar anak-anak kita tidak terbiasa jajan diluar. Jika makanan di rumah sudah menarik dan mencukupi anak-anak tentu tidak akan tertarik lagi untuk jajan yang aneh-aneh.             Aneka makanan yang enak, murah dan gampang dibuat dirumah sangatlah ba…

Sehat Tanpa Obat dengan Si Merah Stroberi

Siapa yang tidak kenal stroberi? Si buah cantik berwarna merah dan segar rasanya. Pasti semua tahu si buah mungil yang masuk dalam deretan buah favorit di kalangan muda maupun tua. Saking favoritnya, benda-benda (merchandise) yang bernuansa stroberi selalu jadi incaran anak-anak, remaja maupun dewasa, khususnya kaum Hawa, karena warna dan bentuknya yang menarik. Selama ini, masyarakat belum tahu banyak manfaat buah stroberi, ternyata dalam buku ini kita bisa mengetahui begitu banyak manfaat dari si buah asam segar ini.             Dulu, stroberi hanya dikonsumsi di negara Eropa terutama Inggris. Pada awal abad ke-19, stroberi hanya dikonsumsi oleh orang-orang golongan ekonomi atas saja. Seiring perkembangan zaman stroberi mulai dijual di pasar London tahun 1831, sehingga sejak saat itu buah stroberi mulai dikenal luas dan mulai dipasarkan ke luar Eropa (hal 3-4).

            Buah ini ternyata tidak hanya berwarna merah saja, ada berbagai macam varietas stroberi yang menghasil…

Resensi Novel Alestanova

Judul: Alestanova Penulis: Piet Genta Penerbit: Stiletto Indie Book Tahun terbit: 2017 Jumlah halaman: 268 Harga: Rp 62.000


            Cinta dan  benci tak melulu terjadi  pada hubungan pria dan wanita. Kedua hal tersebut bisa terjadi pada siapapun tak terkecuali antara ibu dan anak. Alesta adalah seorang gadis yang tersiksa dengan kecantikan Rose ibunya. Ia sangat membenci ibunya, semakin sukses, semakin bertambah kecantikan wanita pengusaha tersebut. Tak ada seorang pun yang menganggap Alesta seorang gadis berkulit hitam yang pantas diakui keberadaannya. Baginya, menjadi putri tunggal dari seorang ibu secantik itu adalah mimpi buruk yang tak pernah usai. Sejak ayahnya meninggal Alesta tidak percaya dengan cinta, bahkan cinta seorang ibu terhadap anaknya. Kekecewaan yang berulang membuatnya menjadi seorang gadis yang keras kepala dan tak mau mengenal cinta dari siapapun.             Ia harus menyaksikan semakin banyak orang yang ia percaya, tersungkur tak berdaya dalam kecantikan dan keku…

Underwear Praktis untuk Traveling

Traveling adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Hampir setiap orang menyukainya, bahkan banyak yang menjadikan agenda rutin untuk kegiatan tersebut setiap tahunnya. Akan tetapi kadang aktivitas traveling membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit terutama underwear, karena kita akan banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, sehingga membutuhkan banyak stok benda tersebut supaya organ genital tetap terjaga kebersihannya. Untuk melengkapi perlengkapan traveling salah satunya adalah underwear sekali pakai. Produk  ini berbentuk celana dalam, bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Terbuat dari bahan spandex yang sangat nyaman. Tidak membuat gatal, tak akan meninggalkan guratan karet di tubuh dan sangat elastis. Jangan kaget jika melihat benda aslinya yang kecil mungil dan bentuknya tidak seperti celana dalam pada umumnya. Jangan khawatir pula karena bahannya yang elastis, celana dalam ini bisa dipakai siapa saja dengan bobot badan 40-100 kg. Dengan harga yang sangat terja…

Do’akan Yang Baik-baik Saja

Jika kita pernah disakiti orang lain pasti sampai kapan pun akan teringat kejadian itu. Sakit hati karena lisan atau perbuatan orang lain. Tetapi, sering kah kita ingat kalau pernah menyakiti orang lain? Atau sadar kah jika kita pernah atau mungkin sering menyakiti hati orang lain karena ucapan dan tindakan? Seringnya kita tak sadar ya, padahal jika ada orang lain yang sakit hati karena perbuatan kita akan berdampak buruk terhadap kehidupan kita selanjutnya. Kenapa? Mana tahu saat orang tersebut merasa tersakiti lalu ia diam-diam ia mendoakan kita dengan doa yang tidak kita kehendaki, bukan bermaksud mengajak su’uzon terhadap orang lain, tetapi justru mengajak lebih berhati-hati dalam bertindak, bersikap dan berucap.             Berbicara atau bersikap dengan siapa pun memang harus hati-hati, baik dengan teman, sahabat, kerabat bahkan dengan keluarga sendiri di rumah. Sering kali kita dalam kondisi tertentu emosi tak terkendali, mungkin karena ada satu masalah yang menghinggapi pikiran…
Perawatan Anak Penderita Bibir Sumbing
“Without my kids my house would be clean, my wallet would be full but my heart would be empty”. Kalimat diatas pasti sudah tidak asing lagi buat kita semua, yaaa kalimat itu saya ambil dari DP BBM salah seorang teman saya. Betul sekali apa yang dikatakan quotes diatas tersebut, apalah artinya hidup kita...kerja keras kita, rumah yang nyaman, uang yang banyak jika rumah kita kosong tak ada anak-anak. Anak-anak penghias rumah kita penghangat hidup kita. Segala upaya akan kita lakukan untuk kenyamanan hidup anak-anak kita. Belum sempurna rasanya jika sebuah rumah tangga belum ada anak-anak lahir di tengah-tengah kita. Anak memang hadiah terindah bagi pasangan suami istri. Tetapi harus diingat pula bahwa anak pun adalah ujian buat para orang tua, karena mereka adalah hanya titipan dari Allah SWT. Saya ingat kata-kata seorang ustazah bahwa anak bisa menjadi derita, ujian bagi orang tuanya. Hal itu yang sering dilupakan banyak orang. Terutama bagi para ib…