Langsung ke konten utama

Terlanjur Cinta Menulis

Hampir satu bulan tidak menulis, waktu tersita untuk hal lain. Ya Allah, rasanya kangen banget nulis lagi. Rasanya punya banyak dosa kalau kelamaan gak nulis. Baiklah, hari ini saya kembali menulis, menuangkan segala hal yang sudah menumpuk di kepala dan tertunda berminggu-minggu. Bagi saya, menulis adalah hal yang menyasyikkan. Apalagi jika tulisan kita dibaca dan disukai banyak orang, rasanya bahagia sekali bisa berbagi hal yang bermanfaat dengan orang lain.
Ibarat orang yang jatuh cinta, jika berhari-hari tak bertemu berjuta rindu menunggu. Begitu pula dengan menulis, jika sudah kadung cinta, satu hari tidak menulis hampa rasanya hati ini. Beneran … sueerrr, gak bohong.




Hampir lima tahun menekuni dunia menulis, Alhamdulillah sudah banyak karya yang saya hasilkan. Dari mulai buku antologi, hingga ratusan artikel. Dari mulai uang recehan, hingga jutaan rupiah yang saya peroleh dari menulis. Kalau mau tahu antologi apa saja yang sudah dihasilkan, ini loh diantaranya:
1. Woman with Million Dream
2. Kuins (Kumpulan cerita lucu, unik, dan
     inspiratif)
3. The Unspoken Love
4. Sepanci Humor di Dapur Emak
5. Mengetuk Pintu Langit
6. Loving Women, Dear Beloved …
7. Selaksa Cinta Bakti Ananda
8. Perempuan Bermata Doa
9. Berjuta Cerita Bersama Ibu
10. Jangan Buka Segelnya
11. The Power of Writing
12. The Journey of Writing
13. Writerpreneur (Catatan Writerpreneur
       Suka Duka Jadi Penulis)
14. Mompreneur Kece
15. Behind a Mistery
16. The Power of Single Mom

Saat ini sedang menunggu proses penerbitan beberapa antologi lagi.

Buku Solo:
1. Every Day is Beautiful and Cheerful With
    KKN (Kumbang Kemang Narsis) ~ Self
    Publishing, 2012
2. Jangan Jadi Muslimah Dekil ~ Quanta,
    2017
3. Ketika Hijabku Terusik ~ dalam proses
    penerbitan, 2019



Selain hasil karya di atas, saya juga menulis di web Joeragan Artikel, pernah menulis di web Hipwee, Takaitu.com, Emakpintar dan beberapa web pesanan klien, baik sebagai ghostwriter artikel maupun contributor di web tersebut. Saya juga menerima jasa menulis artikel, juga ghostwriter buku.

Tidak semua hasil karya saya itu menghasilkan uang. Walaupun begitu, saya tetap cinta menulis dan sekarang ini sulit rasanya meninggalkan dunia yang mengasikkan itu. Saat ini saya sedang mencoba menulis fiksi, berupa novel. Fiksi cerpen, saya sudah banyak menulis. Dua calon novel tersebut berbeda genre, yang pertama misteri, dan yang kedua percintaan.
Selain novel, masih ada lagi dua naskah non fiksi yang sedang digarap dengan dua tema berbeda. Yaitu tema pernikahan, dan jurusan kuliah untuk anak muda.



Dibandingkan teman-teman penulis lain, karya saya memang belum banyak. Selain itu kesibukan sebagai pengajar dan pendidik di sebuah sekolah tingkat menengah atas membuat saya cukup kesulitan mebagi waktu untuk menulis. Sebetulnya pembagian waktu tersebut bisa saja diatur dengan baik, hanya saja disiplinnya nih yang masih jauh dari konsisten. Jangan ditiru ya …
Oh iya, selain yang sudah disebutkan di atas. Saya sering juga menerima endorse berbagai produk UMKM. Jadi, jika teman-teman ingin dibantu mempromosikan produknya, bisa banget loh kontak saya hehe … biasanya endorse saya di Facebook atau Instagram.  Suatu hal yang sangat menyenangkan sekali bagi saya bisa bekerja sama dengan para pengusaha produk UMKM tersebut.

Bagi teman-teman yang ingin menekuni kepenulisan, kuncinya hanya konsisten menulis setiap hari, dan jangan malas belajar terus menggali ilmu kepenulisan. Selain itu bergabunglah dengan berbagai komunitas menulis agar ilmu kita terus berkembang dan jaringan pertemanan pun bertambah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do’akan Yang Baik-baik Saja

Jika kita pernah disakiti orang lain pasti sampai kapan pun akan teringat kejadian itu. Sakit hati karena lisan atau perbuatan orang lain. Tetapi, sering kah kita ingat kalau pernah menyakiti orang lain? Atau sadar kah jika kita pernah atau mungkin sering menyakiti hati orang lain karena ucapan dan tindakan? Seringnya kita tak sadar ya, padahal jika ada orang lain yang sakit hati karena perbuatan kita akan berdampak buruk terhadap kehidupan kita selanjutnya. Kenapa? Mana tahu saat orang tersebut merasa tersakiti lalu ia diam-diam ia mendoakan kita dengan doa yang tidak kita kehendaki, bukan bermaksud mengajak su’uzon terhadap orang lain, tetapi justru mengajak lebih berhati-hati dalam bertindak, bersikap dan berucap.             Berbicara atau bersikap dengan siapa pun memang harus hati-hati, baik dengan teman, sahabat, kerabat bahkan dengan keluarga sendiri di rumah. Sering kali kita dalam kondisi tertentu emosi tak terkendali, mungkin karena ada satu masalah yang menghinggapi pikiran…

Cemilan Asyik Ala Dapur LoveLin

Musim hujan begini perut biasanya cepet laper. Mulut pengennya memamah biak terus, tapi kadang bingung ngemil apa ya yang enak sekaligus sehat? Tiap orang pasti punya makanan favorit  untuk teman ngeteh atau ngupi-ngupi syantik bersama keluarga di rumah. Kalau yang hobi baking-bakingan pasti rajin bikin cemilannya sendiri, tapi kalau yang males model saya dan gak punya kemampuan perbakingan, repot amat ya kalau bikin sendiri … haha … pengennya tinggal lep aja di mulut. Untungnya (orang Indonesia itu selalu gitu ya, penuh keberuntungan), hihi … untungnya, saya punya langganan dapur kue yaitu dapurnya tetangga saya namanya Lovelin Kitchen. Pemiliknya bernama Teh Lina. Cemilan favorit saya dari dapurnya Teh Lina itu aneka risol mayones dan roti maryam. Kedua jenis penganan itu enak banget. Risol mayonesnya ada beberapa macam rasa, yaitu: -Chicken Cheese-Ragout Sayur-Smoked Beef-Black Cheese-Daging Kebab-Creamy Yoghurt-Ayam Pedas



Roti Maryamnya juga macam-macam rasa, yaitu: -Original-Kac…

Bogor Junction Tempat Kongkow Favorit

Week end enaknya jalan-jalan, atau nongki-nongki syantik bersama keluarga atau teman-teman dekat. Si gadis sejak sabtu pagi ngerengek minta jalan karena bete katanya liburan di rumah mulu. Baiklah, Mamak pun pengen piknik, Nak. Bete di rumah mulu, kemonlah kita hang out sekaligus malmingan. Gak jauh-jauh kelayapannya, masih di Bogor juga. setelah pilah pilih kemana tempat yang akan dituju, jatuhlah pada tempat kongkoh favorit ini ... Bogor Junction!

Kenapa jadi favorit? Karena tempat ini ada foodcourt yang nyaman untuk makan, ngupi-ngupi syantik. Bogor Junction adalah salah satu pusat belanja modern di tengah kota Bogor, yang berada di jalan Jendral Sudirman. Lantai dasar digunakan oleh supermarket Yogya, lantai satu terdapat Yogya Dept. Store dengan berbagai outlet fashion dan kosmetik yang berkualitas. Nah, lantai dua atau lantai paling atas terdapat foodcourt yang oke banget, yaitu Raffles Foodlife. 


          Foodcourt inilah yang sering saya jadikan tempat ngumpul bersama teman-tem…