Langsung ke konten utama

Asyiknya Menjadi Ghost Writer


Banyak yang belum tahu menulis itu bisa menjadi salah satu profesi yang menjanjikan, salah satunya sebagai Ghostwriter. Ghostwriter? Apa itu? Penulis hantu? Atau penulis cerita hantu? Ghost writer bisa diartikan sebagai penulis bayangan, yaitu seseorang yang berprofesi sebagai penulis yang dibayar oleh orang lain yang menggunakan jasanya untuk menulis sebuah tulisan pesanan orang tersebut.

Bentuk tulisan bisa bermacam-macam, artikel, buku atau naskah pidato. Di negara maju, profesi  ghost writer ini terhitung bergengsi, karena seorang ghostwriter bisa dibayar mahal untuk satu buah tulisan, terutama menulis buku.  Nominal bayarannya menggiurkan looh, mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah jika si penulis bayangan itu sudah punya nama.

Dibayar mahal karena pekerjaan itu tidak mudah dan nama si ghostwriter tidak tercantum jika hasil tulisannya dipublikasikan. Berbeda dengan menulis karya sendiri, seorang ghost writer harus bisa memahami konsep tulisan yang diinginkan si pemesan. Juga memahami karakter si pemesan. Itu sebabnya dinamakan penulis bayangan karena si penulis memposisikan dirinya sebagai orang tersebut.
             Sumber gambar: Unsplash.com

Banyak yang belum memahami mekanisme dan cara kerja seorang ghost writer. Bahkan ada pula yang mengatakan profesi ghost writer itu tidak boleh dilakukan, cenderung haram karena membohongi publik. Heeemm ... tidak seperti itu ya Gaeess. Menjadi seorang ghost writer itu bukan pembohongan publik, karena berdasarkan kesepakatan dan ada perjanjiannya. Selain itu menjadi ghost writer itu bahan dan ide tulisan dari si pemesan, ghost writer hanya membantu menuangkan ide-idenya itu dalam sebuah tulisan. Menjadi sebuah profesi bergengsi, karena tidak semua orang yang punya ide bagus bisa menuangkannya dalam tulisan.
Lalu, bagaimana jika ingin menjadi seorang ghost writer? Apa sajakah yang harus disiapkan sebelum menekuninya? Berikut beberapa hal yang harus dijalani seorang penulis jika ingin menjadi seorang ghost writer profesional:

1. Perbanyak Portofolio

Anda tidak bisa menawar-nawarkan diri untuk menjadi ghost writer jika belum pernah menelurkan karya-karya yang  sudah dikenal orang banyak. Oleh sebab itu, harus rajin menulis agar orang-orang tahu bahwa Anda adalah seorang penulis yang mempunyai reputasi baik. Jika ingin menjadi ghost writer buku, maka sebelumnya Anda harus sudah menerbitkan buku-buku yang Anda tulis sendiri, bukan menulis keroyokan alias antologi. Menulis buku solo dan antologi jelas jauh berbeda tantangan dan hasilnya.

Menulis naskah antologi yang hanya 5-6 halaman bisa selesai dalam waktu satu hari saja, tanpa riset atau mencari data yang akurat untuk naskah tersebut. Berbeda dengan menulis buku antologi, seorang penulis harus berjuang keras menaklukkan berbagai hambatan dalam merampungkan tulisannya sebanyak ratusan halaman dalam waktu yang sudah ditetapkan. Penelitian pun harus dilakukan untuk mendukung isi buku yang ditulis. Nah, jika seorang penulis belum pernah menulis buku solo, maka kesulitan menulis naskah orang lain, karena belum berpengalaman dalam melakukan riset dan lain sebagainya.




2. Mulailah dengan Menulis Artikel atau Cerpen

Untuk memulai menulis buku solo non fiksi bisa dimulai dengan seringnya menulis artikel. Pelajari bagaimana cara menulis artikel yang baik yang disukai pembaca. Jika Anda lebih suka menulis fiksi, mulailah dengan menulis cerpen untuk melatih kemampuan menulis fiksi. Tidak sedikit para ghost writer yang melayani jasa menulis fiksi, bisa cerpen atau novel.  Tentu saja bayarannya jauh berbeda antara menulis naskah pendek seperti cerpen dan artikel dengan menulis naskah buku, seperti novel atau naskah non fiksi lainnya.

3. Rajin Posting Tulisan di Media Sosial

Tentu saja yang diposting itu tulisan sendiri bukan tulisan orang lain. Seperti menulis artikel, opini, esai, cerpen atau cerbung. Dengan seringnya menulis, maka kemampuan menulis dan kepekaan mencari ide lebih mudah. Selain itu, orang lain akan tahu bahwa Anda adalah seorang penulis yang kemampuan menulisanya tidak diragukan lagi.

Intinya, jika ingin menjadi ghost writer profesional yang banjir order, perbanyaklah menulis buku solo, atau artikel. Selamat menulis ya Gaeess ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do’akan Yang Baik-baik Saja

Jika kita pernah disakiti orang lain pasti sampai kapan pun akan teringat kejadian itu. Sakit hati karena lisan atau perbuatan orang lain. Tetapi, sering kah kita ingat kalau pernah menyakiti orang lain? Atau sadar kah jika kita pernah atau mungkin sering menyakiti hati orang lain karena ucapan dan tindakan? Seringnya kita tak sadar ya, padahal jika ada orang lain yang sakit hati karena perbuatan kita akan berdampak buruk terhadap kehidupan kita selanjutnya. Kenapa? Mana tahu saat orang tersebut merasa tersakiti lalu ia diam-diam ia mendoakan kita dengan doa yang tidak kita kehendaki, bukan bermaksud mengajak su’uzon terhadap orang lain, tetapi justru mengajak lebih berhati-hati dalam bertindak, bersikap dan berucap.             Berbicara atau bersikap dengan siapa pun memang harus hati-hati, baik dengan teman, sahabat, kerabat bahkan dengan keluarga sendiri di rumah. Sering kali kita dalam kondisi tertentu emosi tak terkendali, mungkin karena ada satu masalah yang menghinggapi pikiran…

Sudahkah Mengenali Mesin Kecerdasan Si Buah Hati?

Setiap anak terlahir dengan keunikannya masing-masing. Seiring berjalan waktu kemampuan anak akan tumbuh sesuai dengan didikan orangtuanya, ditambah pengaruh lingkungan, dan bibit kecerdasan yang ia bawa sejak lahir yang diwariskan dari orangtuanya. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara keduanya agar keinginan dan harapan orangtua sesuai pula dengan kemampuan dan kecerdasan anak. Jadi, sang anak melakoni hidupnya, terutama saat menjalani proses belajar di sekolah dan lingkungannya, ia tidak merasa memiliki beban berat, akan tetapi akan dijalaninya dengan penuh rasa tanggung jawab karena sesuai dengan kemampuan dan kecerdasannya.

Ada baiknya saat anak memasuki pendidikan usia dini, para orangtua sudah mengetahui mesin kecerdasan yang dimiliki oleh si buah hati. Mengapa harus mengenal mesin kecerdasan anak? Karena dengan mengenali berbagai macam jenis mesin kecerdasan itu, kita sebagai orangtua akan lebih mudah mengarahkan anak-anak untuk meraih masa depannya sesuai dengan bekal kecerda…

Orangtua Cerdas, Anak Cerdas

Siapa yang tidak ingin memiliki anak cerdas dan sukses di masa depannya? Cerdas bukan berarti harus selalu menjadi juara pertama di kelas. Kecerdasan tidak bisa diukur dari angka kognitif. Setiap anak punya keunikan masing-masing dengan kepribadiannya. Tetapi pada kenyataannya orang tua sering terjebak dengan angka-angka di buku raport dalam mengukur kecerdasan si buah hati. Padahal kecerdasan anak itu tidak selalu dari kognitifnya, bisa juga dari psikomotor, interpersonal, emotional, dan sebagainya.
            Membentuk kecerdasan anak tentu saja dimulai dari rumah, terutama sejak dari dalam kandungan. Anak cerdas sudah pasti terlahir dari orang tuanya yang cerdas. Tetapi anak yang masa depannya sukses tidak selalu terlahir dari orang tua yang sukses. Jika ingin memiliki anak cerdas, orangtuanya dulu yang meng-upgrade diri supaya cerdas dan menjadi role model anak-anak, berikut beberapa cara sederhana membekali kecerdasan untuk diri sendiri sekaligus anak-anak:
1. Komunikasi Anak-…